4 Jenis Seo Yang Perlu Anda Kenali – SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan tindakan optimasi website yang dilakukan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking terbaik di hasil pencarian, maka potensi untuk mendapatkan banyak trafik organik juga akan semakin besar.
Sebuah produk kini dapat dipasarkan melalui berbagai media, tidak hanya platform pemasaran konvensional seperti brosur atau baliho, tetapi juga melalui platform digital. Pelaku usaha atau pebisnis biasanya memasarkan produknya melalui berbagai platform digital, termasuk website. Pemasaran produk melalui website tersebut tidak lepas dari SEO. Berikut Jenis – Jenis SEO.
Jenis – Jenis SEO
SEO On-Page
Dari awal optimasi SEO, On-page SEO adalah jenis SEO yang paling disukai. SEO On-page berarti, Anda mengoptimalkan setiap elemen di situs web Anda seperti URL, Meta, Judul dll dan Anda mengontrolnya secara langsung.
Anda harus menggunakan teknik SEO on-page jika ingin website Anda muncul di hasil pencarian yang relevan dengan konten Anda. Beberapa elemen yang dapat Anda optimalkan dengan teknik SEO on-page pada halaman website seperti URL, Title, Meta Description, Alt tag, Heading tag, Internal Links, Relevant Content, Navigation dan Web Design. Berikut hal-hal yang Anda dapat lakukan di bawah ini.
- Anda dapat membuat konten yang dapat menarik minat pengunjung dan memasukkan kata kunci yang relevan dalam konten tersebut.
- Sertakan kata kunci dalam elemen web Anda seperti URL, tag judul, dan tag heading.
- mempermudah navigasi website Anda agar lebih mudah dinavigasi dan lebih ramah kepada pengunjung.
- Perbaiki desain website Anda agar terlihat lebih cantik dan mudah digunakan.
SEO Off-page
SEO Off-page sendiri merupakan teknik SEO yang berada di luar halaman website dan tidak Anda kendalikan secara langsung. Teknik SEO off-page yang paling umum adalah membangun backlink. Backlink adalah tautan ke situs web yang berasal dari situs lain.
Google sendiri menggunakan kuantitas dan kualitas link (link) pada website untuk menentukan reputasi dan relevansi link tersebut yang dapat mempengaruhi ranking website di hasil pencarian. Backlink (tautan balik) juga membantu Google dalam mencari halaman yang ada di website Anda. Teknik SEO off-page lebih fokus pada peningkatan kuantitas dan kualitas link yang relevan dengan konten Anda.
Technical SEO
Technical SEO sendiri lebih fokus pada optimasi website dan server agar dapat membantu website menjadi lebih baik di halaman search engine, fokus utama technical SEO adalah membantu search engine memahami website tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan user experience (UX).
Technical SEO merupkan Jenis SEO yang dibutuhkan oleh semua website. Dengan menggunakan jenis teknik SEO ini, Anda memastikan bahwa mesin pencari mengindeks situs web Anda dan membantu memaksimalkan SEO on-page dan off-page.
Local SEO
Strategi SEO lokal lebih fokus pada pencarian yang terkait dengan lokasi tertentu, terutama yang berada di area lokal. Memaksimalkan Teknik SEO Lokal untuk bisnis offline Anda dapat membantu peringkat bisnis Anda baik untuk pencarian lokal. Pencarian di SEO Lokal biasanya berisi frasa di sekitar, di dekat sini, nama area, nama jalan, nomor telepon, dll.
Semua jenis bisnis memerlukan SEO lokal. SEO lokal penting untuk keberadaan bisnis Anda, pengguna dapat mengetahui lokasi dan alamat bisnis Anda, nomor kontak, situs web yang terhubung dengan bisnis Anda, dll. SEO lokal penting mengingat lebih dari 50% hasil pencarian di Google adalah ditautkan ke entitas dalam bisnis lokal dan hampir 80% penelusuran lokal selalu dikonversi.